TRAINING MTCNA DAY 2 | TONI BLC TELKOM

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
                                        
      
    
       Hari ini adalah hari kedua saya mengikuti training mikrotik bersama pak Ziad Sobri yang dilaksanakan pada hari sabtu 31 maret 2018, pada hari ini saya mendapat beberapa wawasan mengenai dasar-dasar dalam mikrotik yang saya sendiri sebenarnya telah mempelajarinya tetapi banyak hal yang belum saya ketahui dan dimengerti karena menganggap hal yang kecil adalah sesuatu yang tidak perlu diperhatikan atau di dalami. namun akhirnya saya sadar bahwa dalam membangun sebuah gedung yang kokoh terlebih dahulu kita harus bisa membuat pondasi yang kuat.beberapa hal yang saya pelajari pada hari ini seperti :)
  • DHCP
(Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. pada konfigurasi kali ini saya mengkonfigurasi dhcp dengan metode static.
  • ip pool
pada lab selanjutnya saya di beri arahan dan bimbingan tentang penggunaan ip pool untuk dhcp dan konfigurasi yang membutuhkan ip pool.
  • dhcp mac static
merupakan cara agar nomor ip client yang telah disetting tidak akan berubah walau telah didisconect dari jaringan mikrotik.
  • dhcp ip static
jika kamu telah menyetting dhcp server di mikrotik dan tidak ingin kalau client kamu menyetting ip-nya secara manual maka, dengan cara ip static inilah kamu bisa mengatasinya.
  • penggunaan mac address
dalam pembahasan kali ini pak Ziad Sobri menjelaskan beberapa kegunaan dan fungsi mac address dalam mikrotik.
  • arp
dalam penggunaan nyata arp difungsiakan untuk menambah keamanan yang ada pada mikrotik.
  • wireles
banyak hal yang diajarkan dalam lab wireles mulai dari menu-menu yang ada di wireles, protokol,band,mode,keamanan wireles,conect list,address list, dan masih banyak lagi. 
  • firewall 
dalam lab ini kami tidak diajari tentang bagaimana konfigurasi mikrotik melainkan diberi pengenalan bagaimana cara kerja firewall, chain,action,dan beberapa menu tambahan yang ada di firewall seperti conection state.


Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan pada hari ini, jika ada kesalahan mohon maaf semuanya. Terimakasih telah mengunjungi blok saya dan jangan lupa untuk mengikuti dan membaca selalu postingan di blog saya yang saat ini masih biasa-biasa saja.
 ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar