Syntax Javascript

Assalamu'alaikum Wr. Wb.



A). Pendahuluan
       Bertemu lagi diblog saya. Pada postingan ini kita akan membahas mengenai Syntax javascript (JS),  kalian tahu tidak apa itu Syntax? Kegunaanya apa? akan kita bahas di postingan kali ini...

B). Pengertian
    Syntax Javascript (JS) adalah sekumpulan aturan yang mendefinisikan struktur penulisan kode-kode javascript sehingga program yang dihasilkan dapat berjalan dengan benar:

C). Maksud dan tujuan
       Agar kalian tahu apa itu syntax Javascript dan fungsinya

D). Pembahasan
     Syntax Javascript adalah aturan yang mendefinisikan struktur penulisan kode-kode javascript sehingga program yang dihasilkan dapat berjalan dengan benar.
Syntax dasar javascript yaitu

   1. Case Sensitif
        Javascript bersifat case sensitive. Artinya penulisan huruf kapital dan huruf kecil diangggap sebagai sesuatu yang berbeda. Contoh variable ‘MyVar‘ akan dianggap berbeda dengan variable ‘myvar’ oleh interpreter.

       Statemen-statemen dalam javascript biasanya diawali dengan huruf kapital, jadi harus kita tulis sesuai aturan. Kalau tidak maka program tidak akan jalan. Contoh: document.getElementById(“nama_id”). Dari statemen tersebut, ‘ElementById’ harus kita awali dengan huruf kapital.

  2.  Statement Javascript
        Statemen dalam javascript adalah perintah untuk browser, yaitu digunakan untuk memberitahu browser apa yang dikerjakannya. Code berikut adalah statement yang memberikan perintah kepada browser untuk mereplace tulisan yang ada di element html dengan id=”sample” (misal; <p id=”sample”>Hallo Lukhis</p>).

document.getElementById(“sample”).innerHTML=”Hallo Java…”
 
Semicolon (;)

Semicolon atau titik koma berfungsi untuk memisahkan statement satu dengan statement yang lain. swlain itu semicolon digunakan untuk memenggal statemen menjadi baris.

      <script>
       x= document.getElementById(“demo”);
       x.innerHTML=”Hello Java…”;
       document.getElementById(“myDIV”).innerHTML=”How r u?”;
      </script>

   3. White Space (spasi)
       Spasi, tab dan baris yang dibubuhkan di luar suku kata yang kita gunakan dalam penulisan kode program dinamakan white space. Kalau kita memberi spasi pada kata-kata tersebut maka program tidak akan jalan. Nah,_pada javascript_diluar itu kita bisa memberikan spasi untuk tujuan kerapihan penulisan dan agar kode lebih mudah dibaca. Contoh:  

      var nama siswa   = “Lukis”; –> salah, sbb ada spasi pd variabel
      var nama_siswa  = “Lukis”; –> benar. boleh ada spasi diluar nama variabel.


   4. Break Up Line (Memenggal baris kode).
     Dalam penulisan baris code javascript terkadang bisa sangat panjang. Penyebab baris menjadi panjang disebabkan pada baris tersebut kita harus menuliskan string/kalimat.
Nah, pada kalimat yang kita buat inilah kita bisa memenggalnya menjadi beberapa baris dengan memberikan text backslash (\). Contoh:
document.write(“Ini adalah kalimat yang kita bikin sendiri”);
Baris kode di atas bisa kita penggal menjadi dua baris. Menjadi seperti berikut:
document.write(“Ini adalah kalimat \
yang kita bikin sendiri”); 
Kita hanya bisa memenggal pada kalimat yang kita rangkai sendiri yang bisa jadi kalimat tersebut sangat panjang. Kita tidak bisa memenggal pada bagian statement seperti pada contoh berikut:
document.write \
(“Ini adalah kalimat yang kita bikin sendiri”);
   5. Code and Block Code Javascript 
    Kode javascript merupakan serangkaian urutan baris-baris statement javascript. Statemen-statement tersebut akan dieksekusi oleh browser sesuai urutan penulisan dari atas.
      Blok kode javascript selalu diawali dengan kurung kurawal buka (‘{‘) dan diakhiri dengan kurung kurawal tutup (‘}’).
        <script>
        function nama_fungsi()
        {
        document.getElementById(“id1″).innerHTML=”Hallo Lukis”;
        document.getElementById(“id2″).innerHTML=”Hallo Java..!”;
        }
        </script>

E). Masalah yang ditemukan
       Kurang paham tentang scriptnya

F). Hasil Kesimpulan
   Kesimpulannya yaitu Syntax Javascript (JS) adalah aturan yang mendefinisikan struktur penulisan kode-kode javascript sehingga program yang dihasilkan dapat berjalan dengan benar:

G). Referensi
       https://dukunweb.wordpress.com/2013/09/17/syntax-javascript/

Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan pada hari ini, jika ada kesalahan mohon maaf semuanya. Terimakasih telah mengunjungi blok saya dan jangan lupa untuk mengikuti dan membaca selalu postingan di blog saya yang saat ini masih biasa-biasa saja.
 ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar