Mengenal Javascript

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A). Pendahuluan
     Bertemu lagi diblog saya. Pada postingan ini kita akan membahas mengenai Javascript , Apa itu javascript? fungsinya apa? akan kita bahas di postingan kali ini...

B). Latar Belakang
     Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser NetscapeNavigator2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.

C). Pengertian
   JavaScript (JS) adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. Javascript berfungsi untuk membungkus satu atau banyak perintah. Setiap kali kita memanggil fungsi, maka perintah-perintah yang ada di dalam fungsi tersebut dijalankan.

D). Maksud dan Tujuan
       Memahami dan mengenal tentang Javascript

E). Pembahasan

    1. Sejarah

        JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.
        JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX.
     
    2. Variabel

        Penulisan variabel di JavaScript standar tidak mempunyai data type. Semua value dapat disimpan di semua variabel. Variabel dapat ditentukan oleh let (variabel level blok), var( variabel level fungsi) atau const (variabel tak dapat diubah).

    3. Penulisan Javascript
        
        Variabel di JavaScript dapat dipanggil dengan menggunakan kata kunci var
  • var x;
  • var y = 2;
       Kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag  <script type="text/javascript">

            <script type="text/javascript">
                 alert("Halo Dunia")
            </script>

       Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berekstensi .js (singkatan dari JavaScript). Untuk memanggil kode JavaScript yang terdapat di file sendiri, di bagian awal <head> harus ditentukan dahulu nama file .js yang dimaksud menggunakan contoh kode seperti berikut:

            <script type="text/javascript" src="alamat.js">
            </script> 

  Script di Head 

      Script ini akan dieksekusi ketika dipanggil (biasanya berbentuk function) atau dipanggil berdasarkan trigger pada event tertentu. 

            <html>
            <head>
            <script type="text/javascript">
             ........
            </script>
            </head>
            </html>

    Script di body
Skrip ini dieksekusi ketika halaman dimuat sampai di bagian <body>.

             <html>
             <head>
             </head>
             <body>
             <script type="text/javascript"> 
              ........
              </script>
              </body>
              </html>
 
 F). Hasil Kesimpulan
       Dari bacaan diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa javascript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dan dinamis. Javascript digunakan untuk untuk membungkus satu atau banyak perintah. Setiap kali kita memanggil fungsi, maka perintah-perintah yang ada di dalam fungsi tersebut dijalankan.

G). Referensi
 

Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan pada hari ini, jika ada kesalahan mohon maaf semuanya. Terimakasih telah mengunjungi blok saya dan jangan lupa untuk mengikuti dan membaca selalu postingan di blog saya yang saat ini masih biasa-biasa saja.
 ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar