Pengertian dan Cara Pembuatan Variabel dalam JavaScript

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

A). Pendahuluan
   Bertemu lagi dengan saya di TONI BLC Telkom. Kali ini saya akanmenjelaskan/sharing tentang cara pembuatan Variabel dalam JavaScript.

B). Latar Belakang
     Dalam bahasa pemograman, variabel adalah ‘penampung’ sebuah nilai. Tergantung dengan ‘nilai’ dari variabel tersebut, sebuah variabel di dalam JavaScript dapat bertipe Angka (Number), String, Boolean, atau yang lainnya.

C). Maksud & Tujuan
    Agar kalian tahu tentang variabel dan cara menggunakannya dalam  JavaScript.

D). Pembahasan
     Variabel adalah ‘penampung’ sebuah nilai. Tergantung dengan ‘nilai’ dari variabel tersebut, sebuah variabel di dalam JavaScript dapat bertipe Angka (Number), String, Boolean, atau yang lainnya.

      Tidak seperti bahasa pemograman desktop seperti C++ dan Visual Basic, di dalam JavaScript kita tidak perlu mendeklarasikan jenis tipe data. Seluruh variabel di dalam JavaScript dapat berisi nilai apapun (tipe data apapun), dan dapat diubah menjadi tipe lain sepanjang program. Jenis pemograman seperti ini dikenal juga dengan Typeless Programming Language.

Aturan Penamaan Variabel JavaScript
  • Karakter pertama harus diawali dengan huruf, underscore (_) atau tanda dollar ($)
  • Karakter kedua dan seterusnya bisa ditambahkan dengan huruf, angka, underscore (_) atau tanda dollar ($).

Contoh script Variabel JavaScript:

          Hasil Script:

Jangkauan Variabel (Variabel Scope) dalam JavaScript

        Jangkauan Variabel (atau Variabel Scope) adalah konsep tentang pembatasan akses dari sebuah variabel. Yaitu pada bagian mana sebuah variabel masih bisa diakses.
           Sebuah variabel jika dideklarasikan (baik dengan keyword var ataupun tanpa var), akan bersifat global, atau dikenal dengan istilah global variable. Sebuah variabel akan menjadi global variabel sepanjang variabel tersebut di deklarasikan di luar fungsi.
           Apabila kita membuat 2 variabel dengan nama yang sama sebagai global variabel, dan juga local variable di dalam sebuah fungsi, maka local variable akan memiliki prioritas yang lebih tinggi dibandingkan global variabel.

Contoh Script global variable dan local variable dalam JavaScript:

        Hasil Script:


E). Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya untuk memahami variabel cukup sulit karena harus memahami dan mencoba terus-menerus.      

F). Referensi


Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan pada hari ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna buat orang lain. Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi blog saya,  dan jangan lupa untuk mengikuti dan membaca selalu postingan di blog saya yang saat ini masih biasa-biasa saja.

  ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar