Metode Internal Style CSS

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

A). Pendahuluan
      Bertemu lagi diblog saya, sebelumnya kita sudah membahas tentang Metode Inline Style CSS , kali ini kita akan membahas kelanjutan dari Inline Style yaitu Internal Style CSS ,fungsinya sama tapi metodenya yang berbeda. Oke langsung saja kita bahas di bawah....

B). Pengertian
     CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumen XML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
    Metode Internal Style Sheets, atau disebut juga Embedded Style Sheets digunakan untuk memisahkan kode CSS dari tag HTML namun tetap dalam satu halaman HTML. Atribut style yang sebelumnya berada di dalam tag, dikumpulkan pada pada sebuah tag <style>. Tag style ini harus berada pada bagian <head> dari halaman HTML. 

C). Maksud dan Tujuan
       Memahami Metode  Internal Style di CSS.

D). Pembahasan
       Kita akan membuat contoh dari Metode Internal Style CSS . dibawah ini ada script yang bisa kalian coba untuk praktekkan :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Contoh Internal Style CSS</title>
    <style type="text/css">
        h2 {
        background-color:green;
        color:red;
        }
    </style>
</head>
<body>
    <h2>
        Text ini berwarna coklat dan background berwarna kuning
    </h2>
</body>
</html>

Hasil dari script Inline Style CSS



        Namun kekurangan menggunakan  internal style sheets, jika kita memiliki beberapa halaman dengan style yang sama, maka kita harus membuat kode CSS pada masing-masing halaman tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan metode external style sheets. yang akan kita bahas di blog selanjutnya.

E). Masalah yang Temukan
     Jika kita memiliki beberapa halaman dengan style yang sama, maka kita harus membuat kode CSS pada masing-masing halaman tersebut.

F). Hasil Kesimpulan
    Metode Internal Style CSS lebih baik di gunakan untuk pembuatan satu halaman saja.

G). Referensi
 
       https://www.duniailkom.com/tutorial-belajar-css-cara-menginput-kode-css-ke-halaman-html/

Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan pada hari ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna buat orang lain. Jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi blog saya,  dan jangan lupa untuk mengikuti dan membaca selalu postingan di blog saya yang saat ini masih biasa-biasa saja.
  ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar