MTCRE DAY 2 & FINAL EXAM | TONI BLC TELKOM

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


A). Pendahuluan
     Pada kesempatan kali ini akan membahas sedikit pengalamn saya hari ini yaitu training mtcre terakhir sekaligus diadakan ujian mtcrenya.

B). Pengertian
    Vlan adalah sebuah logical group yang memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan user yang lain tapi terisolasi dari user lain yang berbeda group.

C). Maskud dan Tujuan
      Untuk mengurangi trafic broadcast.

D). Pembahasan
   Vlan adalah sebuah logical group yang memungkinkan user untuk berkomunikasi dengan user yang lain tapi terisolasi dari user lain yang berbeda group.

     Vlan dapat membentuk domain broadcast sendiri-sendiri dalam jaringan fisik. Vlan bekerja di layer data link dengan standarisasi 802.1Q. Mikrotik memmungkinkan membuat beberapa virtual lan unutk memisahkan jaringan (group) disebuah interface ethernet atau wireless.

        Pada hari ketiga training Mikrotik MTCRE bersama Bapak Ziad Sobri, kali ini  masih melanjutkan membahas tentang materi MTCRE dan diakhiri dengan ujian MTCRE.

Materi yang disampaikan Bapak Ziad sobri adalah :

- Melanjutkan materi routing OSPF
- VLAN
- Point to Point Addressing
- Tunneling (IPIP & EOIP)
- MME Wireless Protocol (introduction)

        Setelah mengikuti training Mikrotik MTCRE bersama Bapak Ziad Sobri,
kemudian saya mengikuti ujian pada gelombang ke-1 yang dilaksanakan habis isya' kira-kira jam 19.15 WIB, saya diberi waktu 1 jam saja untuk mengerjakan 25 soal yang terdiri dari one choice, multiple choice, dan true or false. Soal MTCRE lumayan cukup susah dan sulit soalnya membahas tentang routing, Dan semua soal itu menggunakan bahasa inggris yang membuat saya cukup pusing, membingungkan dan cukup melelahkan.

     Pada jam 21.10 WIB saya sudah menyelesaikan 25 semua soal yang diberikan oleh Bapak Ziad Sobri selama 1 jam, lalu sebelum saya mengklik finish saya berdoa terlebih dahulu agar saya lulus dalam ujian MTCRE. Dan setelah saya mengklik finish ternyata saya gagal/tidak lulus ujian MTCRE. Saya sangat berharap untuk lulus ujian dan apabila lulus saya ingin memperdalam tentang mikrotik, walaupun saya jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan materi Mikrotik ini untuk jurusan TKJ, saya ingin bisa mikrotik.

Hasil ujian MTCNA dan MTCRE :


E). Hasil yang Didapat
    Hasil yang saya dapatkan tentang hari ini adalah saya mendapatkan pengalaman untuk mengikuti ujian MTCRE. Walaupun saya gagal dalam ujian, saya tetap semangat dan kalau ada lagi saya akan mempelajari lebih dalam lagi.

F). Kesimpulan
      Vlan itu berguna untuk memecah trafic

G). Referensi
        MTCRE Presentation Material

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan mengenai pengalaman ikut training dan ujian MTCRE yang dilaksanakan pada tanggal 3 April 2018 di BLC Telkom Klaten, semoga bisa menambah motivasi, menambah pengetahuan dan wawasan dan terutama mendapatkan pengalaman yang sangat berharga.

 ~ Wassalamu'alaikum Wr. Wb. ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar